Thursday 18 August 2016

2 Cara Untuk Membatasi Penggunaan Data Internet pada Android

Saat ini internet merupakan hal sangat penting dan dianggap sebagai kebutuhan bagi masyarakat modern. Karena dengan internet ,pekerjaan manusia akan lebih mudah, mulai dari pekerja kantoran,pelajar,bahkan ibu rumah tangga juga sangat terbantu dengan adanya internet ini. Untuk bisa terhubung dengan internet, maka harus ada yang namanya data internet atau disebut dengan kuota. Untuk mendapatkan kuota, kita diharuskan membeli dari provider provider yang ada.
Sehingga kita harus mengeluarkam biaya untuk bisa terhubung dengan internet. Karena saking seringnya dan tidak terkendali penggunaan internet, sehingga terjadi over usage penggunaan data internet. Dan mengakibatkan boros uang hanya untuk membeli kuota, padahal masih ada kebutuhan lain yang harus dicukupi.

Untuk mengatasi hal tersebut, kali ini saya akan share 2 cara untuk membatasi data internet pada android. Cara yang pertama adalah tanpa aplikasi dan yang kedua menggunakan aplikasi.

Untuk cara pertama tanpa menggunakan aplikasi. Cara ini menggunakan pengaturan di Data Usage. Tapi , apakah cara ini bisa dilakukan di semua versi android atau tidak,tapi yang pasti cara ini tidak bisa dilakukan di android gingerbread. Cara ini saya coba di android 4.1.2.

Langkah pertama buka Setting>Data Usage. Setelah itu centang pada Mobile Data dan Set mobile data limit,dan jika ada peringatan tekan OK. Di Data Usage akan terlihat grafik dan dua pembatas,berwarna merah dan orang. Pada pembatas warna merah,menunjukan batas limit yang diinginkan. Dan pembatas yang warna orange menunjukan batas peringatan yang di inginkan.

2 Cara Untuk Membatasi Penggunaan Data Internet pada Android
Cara yang kedua menggunakan tambahan aplikasi. Aplikasi tersebut adalah 3G Watchdog(link dibawah postingan). Dan aplikasi ini berjalan lancar di android gingerbread saya. Langkah-langkah penggunaannya sebagai berikut :

1.Download aplikasinya
2.Atur batas penggunaanya.
3.Scroll kebawah, centang pada Auto disable mobile data dan via 3g watchdog Pada warm me over,bisa di isi bebas. Kemudian tekan OK.
 Aplikasi ini juga bisa menunjukan,aplikasi yang menggunakan data internet.
Demikian informasi 2 Cara Untuk Membatasi Penggunaan Data Internet pada Android. Semoga bermanfaat,dan lebih bermanfaatnya lagi bisa di share

1 comments so far


EmoticonEmoticon