Sunday 4 September 2016

4 Aplikasi Android Parental Control, Membantu Orang Tua Mengontrol Penggunaan Smartphone

Tags

Biasanya anak memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap hal-hal yang baru,terlebih pada zaman digital seperti saat ini. Anak akan lebih mudah mengakses apapun yang ingin ia ketahui diinternet, dan dalam mengaksespun terbilang 'bebas', dalam artian si anak bisa mencari apapun yang ingin ia ketahui di internet, hanya cukup mengetikan keyword digoogle ataupun di youtube anak bisa mengtahui yang menjadikan ia penasaran. Media yang paling mudah dan banyak digunakan oleh anak saat ini adalah smartphone ataupun tablet.

Pastinya orang tua tidak ingin akannya membuka atau salah masuk kedalam situs yag tidak pantas untuknya, oleh karena itu pengawasan dan pemahaman tentang penggunaan smartphone atapun tablet perlu diterapkan kepada si anak. Tetapi orang tua tidak bisa 24 jam mengawasi si anak dalam menggunakan smartphone ataupun tablet. Menurut saya orang tidak tidak perlu memberikan smartphone pribadi untuk sianak jika memang dirasa belum cukup umur utuk menggunakannya. Tetapi, untuk memberikan fasilitas kepada si anak orang tua bisa memberikan ijin untuk sekedar meminjamkan smartphone ataupun tabletnya kepada sianak.
Oleh karena itu untuk membantu pengontrolan orang tua terhadap anaknya yang menggunakan smartphone, saya akan memberikan informasi tentang 4 aplikasi yang dapat membantu orang tua dalam pengontrolan penggunaan smartphone oleh si anak.

1. Kid's Shell



 

Aplikasi Kids Shell adalah salah satu aplikasi parental terbaik. Aplikasi ini didesain untuk menjadikan smartphone ataupun tablet aman digunakan oleh anak kecil. Dengan aplikasi ini orang tua dapat mengatur aplikasi dismartphonnya hanya boleh digunakan oleh si anak, sehingga aplikasi yang dirasa tidak pantas digunakan oleh sianak akan tidak bisa dibuka. Selain itu dengan aplikasi ini, si anak tidak bisa menelpon kesiapapun, menulis pesan, atapun membuka aplikasi lainnya kecuali yang dijinkan. Aplikasi ini dilindungin dengan menggunakan password.

2. Family Time Parental Controll


Aplikai yang kedua adalah aplikasi Family Time Parental control. Aplikasi ini memungkinkan orang tua dapat menjadikan smartphonenya menjadi dua mode, mode pertama adalah untuk orang tua dan mode kedua adalah untuk anak.
Aplikasi ini dapat mengatur apa saja yang boleh digunakan anak pada smartphone. Selain itu orang tua bisa mengontrol apa saja yang dilakukan anak ketika menggunakan smartphone. Melalui dashbor aplikasi ini, orang tua dapat mengetahui call log, web history, aplikasi yang diinstall,  kepada siapa saja anak berkirim pesan, bookmarks, limit time screen dan beberapa fitur lainnya.

3. Kids Zone Parental Controls

 

Ini merupakan aplikasi lain yang dapat membantu orang tua dalam mengontrol anak dalam menggunakan smartphone. Seperti  2 aplikasi diatas aplikasi ini dapat dijadikan 2 profil, profil untuuk sianak dan profil untuk orang tua. Selain itu aplikasi ini dapat mengatur wallpaper jika digunakan di profil untuk anak.
Dengan menggunakan Kids Zone ini anak tidak dapat mengisntall aplikasi secara bebas, apakah itu yang gertais ataupun yang berbayar.Selain itu aplikasi ini dapat membatasi waktu anak dalam menggunakan samartphone. Sehingga si anak tidak akan terus-terusan bermain gadgetnya.
Aplikasi ini juga bisa memblokir penggilan, aplikasi dan akses internet. Jika menggunakan yang versi pro, orang tua bisa membuat profil pada setiap anaknya.

4. Screen Time Parental Control


Ini adalah sebuah aplikasi yang dapat memungkinkan penggunanya untuk mengatur waktu dalam penggunaan smartphone. Aplikasi ini dapat mengetahu aplikasi mana saja yang telah digunakan dan berapa lama anak menggnakan aplikasi tersebut. Selain itu aplikasi ini dapat memblokir aplikasi-aplikasi yang dirasa tidak pantas untuk sianak.  Aplikasi ini juga bisa mengatur batas waktu penggunaan aplikasi, sehingga anak dapat terbatasi dalam menggunakan aplikasi aplikasi yang telah terpasang.

Itulah 4 aplikasi rekomendasi yang bisa digunakan orang tua untuk mengontrol penggunaan smartphone atau tablet terhadap sianak. Sehingga anak tetap bisa bermain tetapi tetap memiliki batasan-batasan. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon