Wednesday 14 September 2016

Beberapa Penyebab Android Cepat Panas dan Cara mengatasinya

Tags


Pengguna android didunia sangatlah banyak, karena android termasuk perangkat yang bisa didapatkan oleh siapa saja, mulai dari kelas bawah hingga kelas atas. Dan saat ini perangkat android memeiliki spesifikasi yang sangat beragam, mulai dari yang spesifikasi rendah hingga atas, tapi menurut pengamatan saya android saat ini sudah banyak yang memiliki spesifikasi menengah keatas, sehingga bisa dipastikan pengguna bisa mencukupi kebutuhannya, meski tidak semuanya. Meskipun demikian, ada beberapa keluhan klasik yang dialami pengguna android, mulai dari baterai booros, kinerja yang semakin lemot, dan perangkat android cepat panas. Nah untuk kesempatan ini, saya akan memberikan informasi tentang beberapa penyebab android cepat panas menurut pengalaman saya dan beberpa informasi yang saya dapatkan, mari kita simak bersama-sama :

1. Penggunaan yang terlalu berlebihan

Sama halnya dengan manusia, jika bekerja terus menerus badan akan capek dan bahkan bisa sakit. Begitupun dengan android, secangggih apapun android, itu buatan manusia, jadi dalam menggunakan android ada batasan-batasan penggunaan, selain bisa menyebabkan android cepat panas, penggunaan yang berlebihan juga bisa membuang waktu kita.

2. Digunakan ketika dicas

Hal ini sering terjadi dimasyarakat, karena keasyikan menggunakan perangkat android, entah itu untuk chatting maupun gaming, sampai-sampai android tetap digunakan meski dalam keadaaan di cas. Hal ini bisa terjadi karena arus listrik yang keluar dan masuk tidak stabil, sehingga android ceoat panas dan bisa menyebabkan kerusakan di baterai.

3. Banyak aplikasi yang berjalan

Terkadang kita tidak sadar ada beberapa aplikasi yang berjalan dibackground meskipun kita tidak membukannya, biasanya aplikasi yang berjalan dibackground adalah aplikasi sosial media. Untuk mengatasinya kalian bisa menghentikan aplikasi yang sekiranya tidak digunakan, sehingga kapasitas ram tidak akan cepat habis.


4. Mengaktifkan Fitur android yang berlebihan

Fitur fitur sperti GPS, Bluetooth, Wifi, Hotspot Thetering seharusnya bisa kita matikan jika kita tidak diperlukan, karena fitur ini akan selalu mencari jaringan jika terus dihidupkan.

5. Berlebihan dalam Instalasi aplikasi

Banyaknya aplikasi yang bisa kita unduh secara gerastis di playstore memang salah satu kelebihan android. Tapi kita jangan sampai terlena dengan hal tersebut, dalam emnggunakan perangkat android sebaikanya kita bijak, dan bisa mengatur dengan spesifikasi android yang kita miliki. Karena dengan menginstal aplikasi yang berlibeihan memori akan cepat penuh, apalagi aplikasinya banyak yang berjalan dibackgroumd. Hal ini bisa menyebabkan cpu di android kita akan bekerja lebih ekstra, shingga kita perlu menghapus aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak perlu digunakan.

6. Ruangan Yang Panas

Selain dari faktor internal, seperti yang saya jelaskan diatas, faktor eksternal juga bisa menyebabkan android kita akan cepat panas. Jika kita meletaknan perangkat android kita ditempat yang panas, maka android kita juga kita cepet panas, bahkan jika panasnya tidak bisa diterima oleh android, bisa menyebabkan android kita mati.

Nah itulah beberapa hal penyebab android cepat panas. Menurut saya, kunci utama agar android tdak cepat panas adalah jangan menggunakan android secara berlebihan, gunakan dengan bijak. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon