Saturday 24 September 2016

Apa fungsi Utama USB Debugging pada Android?



Android merupakan OS yang open source, artinya sebagai pengguna bisa terlibat dalam developing android. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya Developer Options atau Opsi Pengembang. Dalam Developer Options ini terdapat beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Terlebih jika kamu suka bereksperimen dengan oprek-oprek android.

Sesuai dengan namanya USB Debuggung pada dasarnya adalah fitur yang bisa digunakan pengguna sebagai jemabatn penghubung antara android dengan PC. Sehingga dengan adanya fitur USB Debugging ini, pengguna dapat menguji perangkat ataupun masalah melalui Android SDK.

Disisi lain, fungsi USB Debugging adalah membantu kepada pengguna yang ingin memodifikasi androidnya, entah itu rooting, instal custom rom, custom recovery dan sebgainya. Misal saja dalam proses rooting, USB Debugging perlu diaktifkan, hal ini karena akan ada file-file Super User yang akan dimasukan kedalam sistem.


Berikut ini ada bebrapa fungsi dari USB Debugging di Android :

1. Pengguna dapat memiliki hak akses ke sistem perangkat android melalui komputer. Hal ini memungkinkan dapat melihat file-file yang biasanya tidak terlihat secara default, bahkan kita bisa read and write file tersebut.
2. Ketika menginstall aplikasi tertentu, USB Debugging biasanya perlu diaktifkan.
3. USB Debugging bisa membaca log file sistem android.

Cara Mengaktifkan USB Debugging

  • Buka menu Setting > About pada smartphone atau tablet Android kamu. cara mengaktifkan developer options
  • Selanjutnya gulir ke bagian Build Number dan tekan hingga 7 kali.
  • Setelah menekan Build Number sebanyak 7 kali, kamu akan melihat pesan "You are now a developer" atau "Developer mode has been enabled". cara mengaktifkan usb debugging
  • Sekarang kembali ke menu utama Setting dan kamu akan melihat menu Developer Options atau "Opsi Pengembang" di smartphone milik kamu.
  • Selanjutnya buka menu Developer Options dan aktifkan USB Debugging.

Namun, sebgai pengguna kita harus bijak dalam menggunakan fitur ini. Sehingga mengkatifkan USB Debugging hanya ketika diperlukan saja, jika diaktifkan terus, sama halnya membuka lebar pintu untuk siapa saja. Sehingga dengan begitu akan mudah malware, menyadap bahkan bisa mencuri data-data penting oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.


EmoticonEmoticon