Wednesday 19 September 2018

Font Tulisan Tangan Jokowi untuk Android dan Windows



Saat ini banyak sekali font-font yang bisa kita download di internet, baik yang berbayar maupun tidak. Denga banyaknya varian font yang ada, kita bisa menyesuakan sesuai kenginan. Dengan beragamnya font dapat mengubah rasa bosan denga font-font yang itu saja. Selain itu beragamnya font juga sesuai dengan kegunaan, ada yang digunakan untuk sehari-hari, seperti tulisan formal, surat-surat, ataupun artikel pada umumnya. Namun ada juga yang menggunakan font untuk kepentingan design, seni, atau kepentingan yang memerlukan estetika tulisan.

Beberapa waktu lalu saya tidak sengan saya melihat tweet di timeline twitter saya. Pada tweet tersebut ada seseorang yang membagi font yang sangat unik dan menarik . Mungkin Font ini adalah font yang hanya berada di Indonesa dan baru pertama kali ada. Sebuah akaun yang bernama Arwan membagikan karyanya berupa font yang mirip dengan tulisan tangan bapak Jokowi. Suatu karya yang luar biasa. Dan kerennya lagi mas Arwan membagikannya secara gertis untuk siapa saja yang mau mendownload.

Berdasarkan pernyataan mas Arwan di web Locomotype.com font ini dibuat sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kami kepada presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo a.k.a Jokowi, atas dedikasi dan loyalitasnya dalam memimpin dan membangun Indonesia. Dari hal ini kita bisa belajar bahwa untuk menghargai seorang pemimpin dapat melalui berbagai hal yang kita bisa, salah satunya seperti mas Arwan ini, melalui font yang diberi nama Jekawe. Untuk lebih lengkapnya mengetahu proses pembuatan font Jekawe ini kalian bisa mengunjungi web locomotype.com di artikel Jekawe: Font Tulisan Tangan Jokowi.

Awalnya font ini hanya tersedia untuk Windows dengan type font OTF, namun berdasarkan di akunnya mas Arwan ternyata banyak yang meminta untuk android, akhirnya dibuatlah font TTF yang bisa digunakan untuk android. Salah satu kelebihan dari font ini adalah penggunaan fontnya bisa random, sehingga dapat menjadikan font ini lebih mirip dengan tulisan tangan Pak Jokowi. Namun fitur random ini tidak bisa digunakan di Android.

Berikut ini adalah Preview dari Font Jekawe dan Tulisan tanga asli pak Jokowi.


Instalasi 

Untuk instalasipun sangat mudah, sperti halnya menginstall font pada umumnya.
  1. Windows: Klik kanan pada file font > klik Install
  2. Mac: Klik dobel pada file font. Pada jendela baru yang muncul, klik Install Font.
 Adapun untuk installasi di Andoird bisa menggunakan aplikasi iFont yang dapat kalian download di PlayStore. Berikut tampilan jika dipasang di Android

Cara Mengganti Font Android Tanpa ROOT!!



 Untuk kalian yang ingin menggunakan Font ini, kalian bisa download secara gratis melalui web locomotype.com atau langsung di artikelnya DISINI.


EmoticonEmoticon